Recent Posts

Jumat, 24 April 2009

Cara Mudah Pengambilan Screenshot atau Print Screen Halaman Web

Ini adalah salah satu tips dan trik yang bisa di lakukan untuk mengambil tampilan layer di halaman web/blog atau lebih di kenal dengan screenshot(printscreen). Cara sederhana adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard dan melakukan paste pada program image editor atau aplikasi lainnya. Khusus untuk pengambilan screenshot suatu halaman web, ada alternatif lain yang dapat digunakan adalah menggunakan FireShot seperti yang baru saya install pada add-on browser Firefox saya.

scrinshort1

Instalasi pada add-ons Firefox

 

Berbeda dengan Screenshot Studio yang hanya menyediakan free trial, Fireshot Pro dapat digunakan secara gratis namun ini hanya dihadirkan sebagai sebuah extension baik untuk Mozilla Firefox maupun Microsoft Internet Explorer dengan pilihan upgrade ke versi Pro-nya

Setelah kita mendownload/meng-install add-on FireShot, misalnya untuk Mozilla Firefox, maka nantinya kita akan mendapati tombol baru berupa logo FireShot dan dengan tombol tersebut pengambilan screenshot dari halaman web yang sedang dibuka mulai dapat dilakukan. Selain melalui tombol tersebut, pengambilan screenshot juga dapat dilakukan dari context menu pada saat klik kanan halaman web. Untuk pengolahan image yang diambil tersebut, FireShot dilengkapi pula dengan image editor yang akan mempercepat proses editing image dapat dapat dilakukan seperti melakukan croping, mengubah ukuran, menambah teks, anotasi, dan efek-efek tertentu.

seperti gambar berikut.

 

Untitled-2

Gambar1

 

pire

Gambar 2

 

Contoh penggunaan Fireshort pro untuk melakukan editing pada halaman web yang di shorting

 

Setelah proses editing selesai dilakukan, pilihan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyimpan image tersebut ke komputer, mengirimkannya melalui email, meng-copy ke clipboard, mengupload ke image hosting (easycaptures.com), mencentak ke printer, atau mengirimkan ke image editor eksternal yang ditentukan sebelumnya. Untuk akses fungsi-fungsi ini, dapat dilakukan melalui ikon-ikon yang ada pada status bar Firefox.

Keterbatasan FireShot adalah hanya digunakan untuk pengambilan screenshot dari suatu halaman web, namun jika aktivitas Anda dalam mengambil screenshot memang lebih sering untuk keperluan tersebut, tidak ada salahnya mencoba FireShot ini.

 

Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda disini...